Bunga mawar adalah salah satu jenis yang sangat populer dan digemari oleh  hampir setiap orang. Biasanya orang-orang menanam bunga mawar di pekarangan rumah mereka. Selain harum bunga jenis ini juga bisa menyulap rumah kalian terlihat menjadi lebih menarik saat dipandang.

Tanaman bertangkai duri dikelompokan menjadi beberapa jenis, yaitu mulai dari mawar merah hingga mawar putih. Karena keindahan yang dimiliki oleh bunga mawar tidak mengeherankan jika hampir di setiap acara selalu menghadirkan bunga ini.

Karena dinilai memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat parfum. Beruntungnya, tanaman jenis ini sangat mudah untuk dibudidayakan.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam budidaya bunga mawar.

Sebelum kita bahas 5 cara tepat budidaya bunga mawar, perlu kita perhatikan tips sebelum menanam bunga mawarnya :

Beli bibit atau benih bunga mawar yang dapat di iklim daerahmu

Perlu baiknya anda bertanya dulu kepada penjual jenis bibit mana yang cocok ditanam pada daerah anda atau bisa bertanya pada petani yang sudah professional agar terhindar dari gagal panen.Hal ini dikarenakan terdapat jenis bunga mawar yang tidak dapat tumbuh maksimal didaerah yang terlalu dingin dan daerah yang terlalu panas.

Mempersiapkan media tanam yang cocok untuk bunga mawar

Maksudnya adalah menyiapkan media tanam berupa tanah liat berpasir (kandungan liatnya sebesar 20-30 %), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan memiliki drainase yang baik.

Menentukan tempat penanaman bunga mawar

Bila ingin melakukan budidaya bunga mawar hanya sebagai hiasan rumah ada baiknya menanam menggunakan pot karena lebih mudah dipindah-pindahkan. Namun jika budidaya bunga mawar sebagai bisnis lebih menggunakan lahan tanah yang luas saja, tapi hal yang perlu anda ingin pilih lokasi yang jarang terkena sinar matahari.

budidaya-bunga-mawar

5 Cara Tepat Budidaya Bunga Mawar.

Setelah mengetahui beberapa tips sebelum menanam bunga mawar, mari simak 5 cara tepat budidaya bunga mawar berikut ini:

1. Menyiapkan Media Tanam

Untuk media tanam anda bisa menanam bunga mawar di lahan yang luas atau dengan menggunakan pot/polybag:

  • Lahan luas

Tahap pertama pilih lokasi tanam yang tidak terkena sinar matahari terus menerus, jenis tanah gembur serta subur.  Selanjutnya adalah pengolahan lahan anda bisa membersihkan lahan dari rumput atau hama pengganggu kemudian bajak tanah menggunakan cangkul atau alat bajak setelah itu diamkan selama 10-15 hari.

Kemudian pengolahan lahan berikutnya adalah pembuatan bedengan dengan lebar 100-110 cm lalu tinggi mencapai 30 cm serta jarak antara bedengan satu dengan yang lain sekitar sekitar 40 cm yang selanjutnya mengenai panjang bisa anda sesuaikan dengan keadaan lokasi atau jumlah bibit/benih bunga mawar yang akan ditanam.

Yang terakhir adalah proses pembuatan lubang yang akan digunakan untuk benih atau bibit bunga mawar ditanam, kami menyarankan untuk membuat lubang menggunakan scop karena lebih lalu ukuran yang lubang yang baik adalah 45x45x45cm.

Berikutnya dari segi kedalaman, kita ketahui bunga mawar memiliki akar yang tidak kuat serta kecil oleh sebab itu buat kedalam lubang kira-kira 50 cm yang penting calon tanaman bunga mawar tidak terlalu dalam saja anda bisa memberi sedikit pupuk pada bagian lubang tersebut.

  • Pot atau polybag

Diatas adalah tahap menyiapkan media tanah dengan lahan kosong, selanjutnya bagi anda yang ingin menanam menggunakan media pot atau polybag bisa memilih pot yang terbuat dari tembikar, tanah liat dan semen cor.

Namun anda juga menggunakan polybag tapi harus terdapat lubang-lubang di bawahnya sebagai sirkulasi udara. Setelah selesai dengan pemilihan pot, tahap selanjutnya adalah penyiapan media tanam dengan campuran beberapa bahan berupa tanah, pasir, serta pupuk kandang.

2. Pemupukan

Antara lahan luas dan menggunakan pot/polybag, berbeda cara pemupukannya:

  • Lahan luas

Tahap yang kedua adalah pemupukan, dalam tahap ini hanya media tanam yang menggunakan lahan kosong saja yang mengalami proses pemupukan karena pada media tanam pot atau polybag sudah mengalami pemupukan sebelumnya. Baiklah sudah jelas bukan? mari langsung kita masuk cara pemupukan di lahan kosong, anda bisa menggunakan pupuk kandang serta pupuk TW plus.

Perbedaan dari kedua jenis pupuk ini adalah jumlah pupuk yang digunakan, kalau pupuk kandang menggunakan 30 ton per hektar sedangkan pupuk TW plus hanya menggunakan 5 ton per hektar setelah selesai memilih jenis pupuk yang digunakan maka taburkan pupuk dengan rata didaerah bedengan yang sudah anda siapkan lalu tunggu beberapa hari hingga pupuk terserap oleh tanah.

  • Pot atau polybag

Pada bagian penanaman bunga mawar menggunakan pot, anda bisa menambahkan beberapa pecah kaca, keramik pada bagian dasar pot atau polybag tujuannya agar saat proses penyiraman tanah tidak ikut keluar dari lubang bawah pot atau polybag.

3. Proses Menanam bunga mawar

Cara menanam bunga mawar selanjutnya adalah proses penanam bunga mawar, dalam proses ini kami akan menggunakan bibit bunga mawar cabutan.

  • Lahan luas

Sebelum masuk ketahap penanaman bunga mawar, ada baiknya pilih dulu bibit yang cocok ditanam pada lahan kosong tersebut lalu untuk melakukan penanam pada musim penghujan, namun bila jumlah air dirasa Cuma penanaman bunga bisa dilakukan terus menerus. Baiklah begini cara menanam bunga mawar dibawah ini :

  1. Bongkar pembibitan bunga mawar dari kebun pembibitan bersama akar-akarnya
  2. Setelah itu potong cabang-cabang bibit atau benih bunga mawar, lalu sisakan 25 cm
  3. Berikutnya potong sedikit akar bunga mawar menggunakan gunting yang steril
  4. Lalu rendam bibit atau benih bunga mawar menggunakan dekamon 1-2 cc selama 20 menit
  5. Tanamlah bibit atau benih bunga mawar didalam lubang tersebut, buat akar menyebar ke seluruh arah lubang
  6. Tutup lubang dan padatkan, lalu siram menggunakan air secukupnya
  7. Buatlah naungan dari bahan anyaman bambu lalu pasang didaerah sekitar tanaman bunga mawar agar tidak terlalu sering terkena sinar matahari yang panas
  • Pot atau polybag

Pada media pot atau polybag sebaiknya menggunakan bibit bunga mawar yang sudah siap tanam atau bibit hasil steak sendiri. Setelah bibit siap buatlah lubang dibagian tengah media tanam yang sudah campur berupa tanah, pupuk serta pasir lalu tutup lagi menggunakan tanah disekitar dalam pot itu kemudian siram menggunakan air secukupnya.

Dalam penanaman menggunakan pot juga memerlukan perawatan agar tanaman bunga mawar selalu berbunga dan terjaga setiap tahun dengan melakukan pemotongan akar 1-2 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar tanaman akar yang busuk dikarenakan serangan bakteri dapat hilang.

4. Pengairan dan Penyiraman Bunga Mawar

Cara menanam bunga berikutnya adalah proses penyiraman karena Pada awal penanaman kegiatan penyiraman harus sering-sering dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari. Namun setelah beberapa bulan proses penyiraman selalu dikurangi tetapi itu semua tergantung kondisi dan perubahan cuaca didaerah penanaman bunga mawar.

5. Fase Bunga Mawar Berbunga

Dalam proses ini akan berbunga tergantung pada jenisnya, biasanya ada bunga mawar yang sudah berbunga pada usia 45 hari saja. Selain itu jika cabang bunga dipotong akan tumbuh lagi selama 15 hari.

Nah bagaimana penjelasan mengenai 5 cara budidaya bunga mawar. silahkan dicoba budidaya bunga mawar baik untuk bisnis maupun hanya sebagai hiasan rumah saja, semoga artikel kali ini bisa membantu anda semua terima kasih.

Dan untuk anda yang ingin mendapat peluang dari perkebunan bunga mawar bisa simak Bukit Mawar Cipanas. Anda akan mendapatkan passive income dari investasi perkebunan bunga mawar.