Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia

Pohon kurma adalah pohon yang dapat berbuah setiap tahunnya. Banyak yang berfikir akan sangat sulit memelihara / menanam pohon kurma sendiri, namun ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan loh.
Asalkan anda memang benar-benar ingin merawatnya, dijamin deh pohon kurma akan berbuah dengan subur.
Nah kali ini untuk anda yang Ingin Punya Pohon Kurma Sendiri di Rumah, Berikut Cara Menanam Pohon Kurma dari Biji :

1. Membersihkan Biji Kurma dari Sisa-Sisa Daging Buah

Sisa-sisa daging buah yang menempel pada biji dapat menimbulkan tumbuhnya jamur, atau dapat mengundang semut dan kutu putih untuk memakan serta merusak biji sebelum berkecambah. Jadi biji kurmanya dibersihkan dulu ya.

Caranya bersihkan biji kurma dari sisa-sisa daging buah adalah dengan mencucinya menggunakan air dan pasir halus, hingga kondisi biji benar-benar bersih dari sisa-sisa daging buah.

2. Perendaman / Merendam Biji

Setelah biji kurma dicuci bersih, langkah berikutnya adalah melakukan perendaman atau merendam biji menggunakan air bersih klo kt menggunakan air mineral dalam kemasan hingga 5 x 24 jam. Air untuk merendam biji kurma setiap 24 jam sekali harus diganti dengan air yang baru, untuk mempercepat proses perkecambahan biji kurma pada hari ke 4 sebaiknya menggunakan campuran air dan ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh Organik) sesuai takaran.

Untuk mengurangi tingkat kegagalan dalam perkecambahan biji, sebaiknya hindari menggunakan air yang bersumber dari PDAM, ini dikarenakan air yang di salurkan oleh PDAM terdapat kandungan zat kaporit dan kurang tepat untuk proses perkecambahan biji.
Gunakanlah air sumur yang tidak tercemar atau yang terbaik menggunakan Air Mineral dalam kemasan.

3. Proses Perkecambahan Biji

Pada tahap atau proses perkecambahan dapat anda lakukan dengan dua metode, yaitu menyemai biji yang telah melewati langkah perendaman 5 hari sebelumnya, bisa langsung disemai pada pot menggunakan campuran cocopeat dan pasir yang di tutup tipis menggunakan cocopeat. Atau biji ditumbuhkan / dikecambahkan terlebih dahulu akarnya menggunakan wadah / tupperware yang dilapisi tissue basah pada bagian dasarnya kemudian tutup rapat dan simpan pada tempat gelap.

Proses perkecambahan menggunakan tissue basah ini biasanya membutuhkan waktu 2-4 minggu, setelah tumbuh dengan kepanjangan akar 5-10 cm baru dipindah ke media tanaman, baik itu menggunakan pot atau polybag.

cara lain yang bisa dilakukan adalah menyemai langsung biji-biji yang telah direndam menggunakan pot, tanpa melewati proses perkecambahan terlebih dahulu, setelah tumbuh satu daun baru proses memindahkan di polybag.

4. Media Tanam Untuk Bibit Kurma

Campuran media tanam untuk bibit kurma sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang memiliki porositas bagus, artinya media untuk menanam bibit kurma ketika disiram maka air langsung turun keseluruhan. Campuran media tanam menggunakan Pasir, Kompos (bokashi), cocopeat dan arang sekam padi, namun campuran tersebut tidak baku, kt dapat menggunakan bahan-bahan lain yang memiliki porositas terbaik. Sebagai perbandingan campuran media tanam adalah 2:1:1 (pasir 2 , Kompos 1 dan arang sekam 1).

Campuran media tanam yang bagus mencangkup kebutuhan unsur hara bagi tanaman agar mempercepat pertumbuhan kurma menjadi bongsor. Ini karena rata-rata jenis palem kurma memiliki daya kecepatan tumbuh adalah sedang hingga sangat lambat jika kecukupan segala jenis unsur hara serta faktor pengairan kurang. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk pohon kurma dihalaman anda atau waktu untuk mengurus pohon kurma tersebut kini anda tidak perlu khawatir karena PT. Kampoeng Kurma Jonggol telah hadir untuk menciptakan kebun kurma yg dapat anda miliki dan berinvestasi disana. Untuk info lebih lengkapnya dapat klik info dibawah ini :

Kavling Kampung Kurma, Trend Investasi yang menguntungkan saat ini

20 Comments

  1. Pingback: writeessay
  2. Pingback: essayforme
  3. Pingback: 2019
  4. Thank you a bunch for sharing this with all people you
    really know what you are speaking about! Bookmarked. Kindly also seek advice from my web site =).
    We will have a hyperlink alternate contract between us

  5. This design is spectacular! You most certainly know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  6. You really make it appear really easy along with your presentation however I find this topic to
    be actually something which I feel I’d never
    understand. It kind of feels too complex and extremely wide for me.
    I am having a look ahead in your next post, I’ll try to get the dangle of
    it!

  7. Hello there! Do you know if they make any plugins to
    safeguard against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked
    hard on. Any suggestions?

  8. It’s a pity you don’t have a donate button!
    I’d definitely donate to this excellent blog!
    I guess for now i’ll settle for bookmarking and adding your
    RSS feed to my Google account. I look forward to new updates and will share this site with my Facebook group.
    Talk soon!

  9. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I
    acquire in fact enjoyed account your blog posts.

    Anyway I will be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently rapidly.

  10. I loved as much as you’ll receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get bought an shakiness over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly a lot often inside
    case you shield this hike.

  11. Every weekend i used to pay a visit this web page, because i wish for enjoyment, for the reason that this this site conations genuinely pleasant funny material
    too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *