Bunga Mawar mempunyai potensi ekonomi dan sosial yang tinggi sehingga memiliki nilai investasi yang tinggi. Permintaan bunga mawar di pasar dalam negeri (domestik) cenderung meningkat, terutama di kota-kota besar. Jakarta menyerap bunga-bunga terbesar dengan omzet dan peredaran uang mencapai Rp 25,8 miliar per tahun.

Permintaan bunga mawar potong ±20.000 kuntum per hari, karena itu peluang investasi bunga mawar sangat mengiurkan. Selain mawar potong juga ada minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bunga mawar dapat dijual dengan harga kisaran Rp. 70 sd 140 Juta per kg. Potensi ini akan menjadi sumber passive income bagi investor.

Daerah Penghasil Bunga Mawar di Indonesia.

Sentra produksi bunga mawar potong di Indonesia terdapat di beberapa daerah produsen bunga-bungaan seperti Cipanas, Lembang (Jawa Barat), Brastagi (Sumatera Utara), Bandungan (Jawa Tengah), Kecamatan Bumiaji di wilayah Batu dan Kecamatan Pujon (Malang – Jawa Timur). Sementara bunga mawar tabur banyak diusahakan di daerah Ambarawa, Boyolali (Jawa Tengah), Bangil (Jawa Timur), Kebun Jeruk (Jakarta), Tangerang dan Bogor (Jawa Barat). Mawar pot banyak dikembangkan dan dibudidayakan di Bandung (Jawa Barat) dan Kecamatan Batu serta Kecamatan Pujon (Malang – Jawa Timur). Dari daerah-daerah sentra produksi bunga potong mawar kemudian menular dan ditiru oleh daerah-daerah lain yang cocok kondisi alamnya serta turut pula mengusahakan bisnis bunga potong. Sasaran pemasarannya terutama adalah kota-kota besar dan juga daerah-daerah wisata di Indonesia.

Investasi Bunga Mawar

Peningkatan permintaan bunga potong terjadi di Indonesia, karena ekspor komoditas ini mengalami peningkatan demikian juga permintaan dalam negeri. Berarti prospek pengembangan budidaya mawar di negeri kita diperkirakan sangat cerah. Mawar diperdagangkan sebagai bunga potong, tabur, tanaman pot hingga minyak atsiri.

Mengingat kepentingan nilai ekonomi dan meningkatnya permintaan bunga potong di dalam dan luar negeri, maka pengembangan budidaya mawar perlu diarahkan untuk skala agrobisnis yang sesuai dengan permintaan pasar.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan rupiah dari berbisnis bunga mawar. Pertama, mendapatkan rupiah dari menjual bunga mawar hias dalam bentuk pot. Jenis usaha ini sesuatu yang biasa dilakukan para pecinta bunga.

Dan kedua adalah usaha rangkaian atau setangkai bunga mawar. Jenis usaha ini cukup banyak dilakukan para pengusaha bunga di kota-kota besar.

Selain itu bunga mawar juga sering digunakan sebagai bunga tabur di pemakaman, dan tingkat kebutuhan bunga tabur ini akan meningkat drastis pada hari-hari tertentu, misal seperti pada Idul Fitri. Dan harga bunga tabur itu akan meningkat sampai 2 atau 3 kali lipat. Lagi pula bunga mawar yang digunakan bukan jenis bunga mawar yang mahal.

Budidaya Bunga Mawar

Bunga mawar memiliki banyak varie­tas dan aneka warna yang menarik. Seiring meningkatnya akan permintaan bunga ini maka banyak budidaya bunga mawar dilakukan. Budidaya dapat dilakukan untuk sekadar hobi ataupun untuk agrobisnis. Berikut tahapan dalam budidaya :

Mempersiapkan bibit. Bibit bunga mawar bisa didapat dengan berbagai cara diantaranya dengan stek batang, okulasi, mencangkok, dan menanam biji. Untuk pemula yang baru belajar dan ingin memperoleh hasil yang cepat tanpa menunggu lama dapat juga membeli dari penjual bibit bunga mawar dalam polybag yang sudah berumur setengah tahunan. Pemilihan bibit ini sangat menentukan mawar yang akan dihasilkan kelak.

Mempersiapkan lahan dan media tanam. Persiapan dilakukan dengan membuat lubang-lubang pada lahan yang telah disediakan, lubang yang dibuat memiliki dia­meter sekitar 15 cm dan memiliki ke dalaman sekitar 35 cm. Kemudian tanam bibit yang telah dipersiapkan pada lahan. Selesai penanaman bibit, bibit yang yang baru ditanam tadi diberi air sampai cukup basah.

Merawat. Perawatan pada bunga ini tak begitu sulit. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk melakukan perawatan, yakni penyiangan dari rumput liar dan gulma yang tumbuh di sekitar bunga mawar, pemupukan dilakukan secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis sesuai kondisi tanaman, penyiraman sangat penting terutama pada saat fase pertumbuhan (minimal satu kali dan dilakukan paling baik di waktu pagi dan sore hari saat suhu udara tidak terlalu panas).

Pemangkasan. Pemangkasan dilakukan agar memperoleh batang yang kokoh, tanaman menghasilkan tunas-tunas muda baru sehingga produktivitasnya meningkat, pere­majaan tanaman, dan menjaga tanaman selalu dalam kondisi sehat.

Peluang Investasi Bunga Mawar

Apabila anda ingin merasakan potensi passive income dari bunga mawar tanpa harus melakukan sendiri untuk budidaya bunga mawar ini, anda dapat kunjungi Bukit Mawar Cipanas Bogor. Disana anda dapat memiliki kebun mawar sendiri dengan pengelolaan yang profesional dari tenaga ahli dan sistem syariah yang aman secara legalitas.